WELS angkatan 2017  dilaksanakan di Ruang Seminar J.1.1, Kampus 2 Universitas Muhammadyah Surakarta. Acara dimulai pada Senin, 28 Agustus 2017  yaitu dimulai dengan pengkondisian dan absensi peserta Workshop Effective Learning Skill (WELS). Upacara pembukaan diawali dengan  pengenalan dosen-dosen Teknik kimia yang disampaikan oleh Bapak Rois Fatoni, Ph.D. selaku Kepala Program Studi Teknik Kimia meliputi. Dilanjutkan dengan materi Pengenalan Keteknik Kimiaan, Sejarah Teknik Kimia, Perkembangan dan Keunggulan Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Surakarta di sampaikan oleh Bapak Rois Fathoni  sebagai pemateri yang berisi mengenai awal mula adanya Teknik Kimia, perbedaan insinyur dengan ilmuwan, visi misi Teknik Kimia UMS, Sistem pembelajaran di Teknik Kimia UMS, Sumber daya manusia yang ada di Teknik Kimia UMS seperti Dosen dan Alumni Teknik Kimia UMS.

Kemudian materi kedua di hari pertama diisi dengan materi Kiat Belajar di Universitas, motivasi dan manajemen waktu yang disampaikan oleh Ibu Siti Fatimah, M.Sc. Pada materi ini berisi mengenai bagaimana mahasiswa mampu memotivasi diri mereka sendiri dalam menjalani kegiatan di Universitas, pada materi ini juga pemateri menyampaikan bagaimana kiat-kiat belajar dan trik ketika belajar di universitas, bagaimana memanajemen waktu sebagai mahasiswa dalam berkegiatan akademik dan non akademik agar tidak mengganggu dalam kegiatan akademik.

Acara selanjutnya yaitu diisi dengan pengenalan PKM dengan pemateri Dedy Ary Prasetya, M.Eng. pada materi ini menjelaskan pengertian PKM, Bidang-bidang apa saja yang ada di PKM tujuan dan manfaat PKM, mahasiswa-mahasiswa UMS yang mengikuti dan lolos PIMNAS, Kegiatan-kegiatan peserta PKM saat PIMNAS reward UMS terhadap mahasiswa UMS yang lolos dan juara pada PIMNAS, dan alur mengikuti PKM. Kemudian dilanjutkan pengenalan KMTK oleh Ketua Umum KMTK 2017 Sulton Afkhar Nawafil dan Pengenalan KRS Ketua Umum KRS 2017 Garvelix Dian Garendhi .

Acara dilanjutkan kembali pada hari Selasa, 29 Agustus 2017 di gedung J.1.1 Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta dimulai dengan pengkondisisan peserta dan absensi yang akan dipandu oleh masing-masing PMK. Pembukaan acara WELS hari kedua peserta dikondisikan didalam ruangan. Selanjutnya Pembacaan tata tertib laboratorium dan studio, Perjalanan dan kunjungan ke laboratorium dan studio. Acara selanjutnya yaitu materi contoh kasus teknik kimia di Industri dan Jasa yang akan disampaikan oleh Bapak Herry Purnama, Ph.D. selaku Wakil Dekan I Fakultas Teknik pada materi ini pemateri menyampaikan apa saja bidang-bidang kerja yang dapat di masuki oleh lulusan sarjana Teknik Kimia, kasus-kasus apa saja yang terjadi pada bidang ke-teknik kimiaan, bagaimana perkembangan teknik kimia di dunia terutama di Indonesia .

Setelah adanya materi kemudian para perserta mereview apa saja yang di dapatkan ketika di Laboratorium dan Studio Teknik Kimia. Selanjutnya penyampaian materi Hard Skill, Soft Skill, dan Manajemen Diri sebagai Kunci Sukses Saat Kuliah dan Kerja oleh Bapak Tri Widayatno dimana pada materi ini menjelaskan bagaimana mahasiswa mampu mengetahui perbedaan Hard Skill dan Soft Skill bagaimana mahasiswa mampu megetahui hard skill dan soft skill dan potensi apa saja yang dimiliki oleh para mahasiswa, dan bagaimana mahasiswa mampu memanajemen diri dalam kegiatan mereka masing-masing dan sebagai kunci sukses saat kuliah.

Kemudian para peserta WELS mempresentasikan Tugas Maket Pabrik Kimia yang sebelumnya sudah di berikan tugas oleh panitia untuk membuat tugas maket pabrik kimia dimana tugas maket tersebut di berikan keterangan-keterangan dengan tema bebas sebagaimana untuk menunjukkan sejauh mana kreativitas dan pengetahuan peserta Workshop Effective Learning Skill (WELS) mengenai keteknik kimiaan.