Hotspot Area
Hotspot Area
Hotspot Area

Lintas Berita

Kuliah Umum Semester Genap 2015/2016

Admin | Jumat, 13 Mei 2016 - 11:42:51 WIB | dibaca: 610 pembaca

Kuliah Umum merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Kimia. Kuliah Umum diselenggarakan 1 tahun 2 kali. Kegiatan ini mendatangkan pembicara dari industri-industri Kimia baik dari alumni Teknik Kimia UMS atau alumni dari Perguruan Tinggi lain.

Kuliah Umum pada Semester Genap 2015/2016 dilaksanakan di Auditorium Muh Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kuliah Umum  telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 April 2016 pukul 07.30-12.00 WIB.  Acara dimulai dengan registrasi, dilanjutkan dengan tilawah Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars KMTK dan dilanjutkan sambutan-sambutan (Ketua Panitia, Ketua KMTK dan Wakil Dekan I). 

Pada pukul 08.45 WIB  Ali Mahmudi, S.T dari PT. Pura Barutama Kudus menyampaikan materi tentang Aplikasi Ilmu Teknik Kimia dibidang industri. Ali Mahmudi menjelaskan secara umum tentang company profile dari PT. Pura Barutama, proses pembuatan kertas di PT. Pura Barutama,  aplikasi ilmu Teknik Kimia di pabrik kertas, dan pengalaman mencari kerja.

Ali menjelaskan PT. Pura Barutama adalah printing, packaging, papermaking, converting, engineering, anti counterfeiting, and electronic card & labeling technologies businesses. Pabrik ini berlokasi di Jl. AKBP. Agil Kusumadya 203 Kudus 59346, Jawa Tengah Indonesia.

Lebih detail Ali menjelaskan ditempatnya bekerja menghasilkan produk hot stamping foil, printing film, dan solar windows. Aplikasi dari hot stamping foil adalah metalic, hologram dan transparent. Aplikasi dari printing film adalah transfer Printing, inmould film dan tattoo sticker, dan aplikasi dari solar windows adalah Security film, IR rejective dan sandblast.

Menurut Ali ''Ilmu yang mendukung pada saat bekerja di PT. Pura Barutama adalah  Kimia Analis, Humidity, Kesetimbangan, Solubility, Perpindahan Panas, Managemen Industri dan Ekonomi teknik". 

Pembicara ke 2 adalah Rizza Umam Alharis dari PT. Dua Kelinci memulai prentasi pada pukul 09.30-10.30. Tanya jawab dimulai pada pukul 10.30-11.00 . Acara Kuliah Umum diakhiri dengan penyerahan vandel kepada kedua Pembicara. 





Komentar Anda :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)