Hotspot Area
Hotspot Area
Hotspot Area

Lintas Berita

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa

Admin | Selasa, 13 Januari 2015 - 10:52:02 WIB | dibaca: 1515 pembaca

Penyuluhan Pengolahan Limbah dengan Metode Filtrasi

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu program kerja dari Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia (KMTK), Universitas Muhammadiyah Surakarta  Bidang II (Penelitian). 

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Desember 2014 pukul 15.00 – 21.30 WIB dan hari Minggu, 7 Desember 2014 pukul 06.00 – 09.00 WIB di Dukuh Kepi,l Kelurahan Alas Ombo, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo. Di awali dengan acara TPA bersama dengan anak-anak Dukuh Kepil yang membahas tentang tata cara membaca Al Quran yang baik dan benar serta diberikan beberapa cerita-cerita islami, dilanjutkan dengan pengolahan limbah kertas yang diikuti oleh anak-anak Dukuh Kepil.

Pada malam harinya merupakan acara inti yaitu penyuluhan terhadap air bersih dengan menggunakan metode filtrasi yang disampaikan oleh  Aprianto Singgih Nugroho selaku penyaji materi, dalam penyuluhan ini dapat diketahui bahwa minat masayarakat Dukuh Kepil cukup besar terhadap penyuluhan ini, hal ini dibuktikan dengan banyaknya warga yang bertanya tentang cara kerja alat serta bahan-bahan yang digunakan dalam alat filter tersebut. Dalam  kegiatan penyuluhan ini juga diadakan kegiatan bakti sosial yang dilakukan setelah kegiatan penyuluhan selesai, kegiatan bakti sosial ini dilakukan dengan membagikan sembako kepada warga yang telah mengikuti penyuluhan ini, adapun warga yang mengikuti penyuluhan ini berjumlah 58 orang.

Dan pada hari Minggu pagi diadakan pembagian sembako kepada warga desa yang kurang mampu dengan cara mendatangi langsung rumah warga yang kurang mampu tersebut serta diadakan jalan sehat bersama anak-anak TPA Dukuh Kepil, dan sebelum jalan sehat dimulai terlebih dahulu dibagikan snack dan susu kepada anak-anak, kegiatan jalan sehat ini bertujuan agar lebih dekat dengan anak-anak TPA Dukuh Kepil, setelah jalan sehat selesai dilanjutkan dengan pembagian buku dan alat tulis kepada anak-anak TPA Dukuh Kepil. 

 





Komentar Anda :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)