Uraian Ringkas Kompetensi/Capaian Pembelajaran Lulusan

Program Studi Teknik Kimia Universitas Muhammadiyah Surakarta mulai tahun ajaran 2015/2016 telah mengimplementasikan kurikulum baru, yang disebut dengan Kurikulum 2015. Kurikulum ini disusun dengan mengacu pada beberapa acuan, salah satunya adalah Permendikbud No. 49 tahun 2014 mengenai Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Merujuk pada peraturan tersebut, maka kompetensi lulusan program studi dirumuskan dalam butir-butir capaian pembelajaran yang terdiri dari 4 bagian, yaitu sikap dan tata nilai, penguasaan pengetahuan, ketrampilan umum dan ketrampilan khusus.

Rumusan capaian pembelajaran tersebut disusun dan dirancang untuk mewujudkan profil lulusan yang telah ditetapkan PSTK UMS. Perumusan profil lulusan berikut capaian pembelajaran tersebut dilakukan dengan memperhatikan masukan dari berbagai pemangku kepentingan.

Profil lulusan PSTK UMS adalah penjabaran dari pernyataan tujuan PSTK UMS yang pertama, yakni menghasilkan sarjana teknik kimia yang berkualitas yang mengamalkan nilai nilai islam, dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, pertumbuhan kebutuhan, dan kebutuhan masyarakat. Profil lulusan tersebut adalah:

  1. Bekerja dan mengembangkan diri terus menerus secara profesional di bidangnya dengan mengaplikasikan nilai nilai islami, berwawasan keindonesiaan, unggul, dan untuk kebaikan bersama.
  2. Berkembang di jalur profesi peneliti, konsultan, dan perekayasa proses/produk kimia, perekayasa/operator pendukung produk/proses, manajer, wirausahawan, atau jalur profesi lainnya dengan mengaplikasikan dasar dasar keteknikkimiaan dan pengetahuan pendukung lainnya.
  3. Berperan secara efektif baik sebagai anggota atau pemimpin di sebuah lingkungan kerja dengan mengaplikasikan dan mengembangkan keterampilan komunikasi, kerja tim, dan kepemimpinan.

Sedangkan capaian pembelajaran untuk mewujudkan profil lulusan tersebut adalah:

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1.1. Memahami dan mampu menerapkan sikap dan tata nilai sebagai individu yang berketuhanan, bermasyarakat dan bernegara.
    1.1.1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relijius (derivasi dari nilai ibadah dan amanah).
    1.1.2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (derivasi dari nilai amanah,’adl, khalifah, dan ibadah).
    1.1.3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (derivasi dari nilai ‘adl, khalifah, istishlah, ibadah, dan wawaasan keindonesiaan).
    1.1.4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (derivasi dari nilai khalifah, wawasan keindonesiaan, dan life-skills).
    1.1.5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat/temuan orisinal orang lain (derivasi dari ‘ilm, istishlah, khalifah, life- skill, dan wawasan keindonesiaan).
    1.1.6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (derivasi dari nilai-nilai khalifah, istishlah, life-skill).
    1.1.7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (derivasi dari nilai ‘adl, khalifah, dan life-skills).
    1.2. Memahami dan mampu menerapkan sikap dang tata nilai sebagai individu akademis dan professional.
    1.2.1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (derivasi dari nilai tauhid, ‘ilm, amanah, dan ‘adl).
    1.2.2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (derivasi dari nilai amanah, dan life-skills).
    1.2.3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan (derivasi dari nilai khalifah, amanah, dan life-skills).
    1.2.4. Ihsan dan fastabiqul khairat (derivasi dari istishlah dan ibadah)
  2. Penguasaan Pengetahuan
    2.1. Mampu mengaplikasikan pengetahuan matematika, kimia dan sains – sains lainnya, fisika dan/atau biologi dalam analisis dan perancangan produk/proses, sistem, dan komponen teknik kimia.
    2.2. Menguasai pengetahuan sains rekayasa, asas rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan dalam analisis dan perancangan produk/proses, sistem, dan komponen teknik kimia.
    2.3. Mampu memanfaatkan pengetahuan rekayasa lanjut, metode, teknik, keahlian, dan alat bantu modern yang diperlukan dalam menjalankan tugas-tugas professional teknik kimia.
    2.4. Menguasai pengetahuan tentang isu isu kontemporer.
  3. Keterampilan Umum
    3.1. Mampu berperan dalam kelompok kerja multi-disiplin.
    3.2. Mampu berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis.
    3.3. Memahami dan mampu menerapkan proses berfikir yang sistematis.
    3.4. Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup.
    3.5. Mampu merancang dan menjalankan penelitian, serta menganilisis dan menginterpretasikan data.
  4. Keterampilan Khusus
    4.1. Menguasai pengetahuan yang meluas untuk memahami dampak dampak global, ekonomi, lingkungan dan sosial budaya dari solusi kerekayasaan.
    4.2. Mengenali kebutuhan akan bahan/produk kimia dan potensi pemenuhannya melalui perancangan proses/produk kimia.
    4.3. Mampu merancang dan mengimplementasikan proses/produk kimia dengan mempertimbangkan aspek sustainability, safety, aesthetics, operability and product life cycle.
    4.4. Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan memberikan alternative penyelesaian dalam permasalahan teknik kimia. (trouble shoot and problem solving skills)
    Rumusan capaian pembelajaran (CP) sikap dan tata nilai sepenuhnya mengikuti rumusan dari Universitas. Rumusan itu merujuk pada rumusan sikap dan tata nilai minimum yang tertuang di dalam lampiran permendikbud No. 49 tahun 2014, ditambah dengan satu butir sikap untuk menyesuaikan visi dan misi UMS. Pada setiap rumusan diikuti dengan penyebutan di dalam kurung nilai-nilai yang dikembangkan dan diajarkan di UMS, sebagai penjabaran visi misi UMS. Nilai-nilai itu adalah ibadah, khalifah, ‘ilm, amanah, ‘adl, istishlah, life skills dan wawasan keindonesiaan.

Rumusan CP penguasaan pengetahuan dan keterampilan khusus dirumuskan dengan mempertimbangkan rumusan capaian pembelajaran Asosiasi Pendidikan Tinggi Teknik Kimia APTEKINDO dengan sedikit perubahan redaksi kalimat.

Sedangkan rumusan CP keterampilan umum dirumuskan dengan mempertim-bangkan rumusan learning outcome kerangka kurikulum conceive, design, implement, and operate (CDIO) yang diterapkan di dalam pembelajaran di PSTK UMS. Rumusan keterampilan umum yang diamanatkan di dalam lampiran permendikbud No. 49/2014 termaktub di dalam penjabaran rumusan capaian pembelajaran ketrampilan umum tersebut (capaian pembelajaran level 3).

Selanjutnya, butir butir capaian pembelajaran tersebut dilaksanakan di dalam perkuliahan yang tersebar selama 8 semester sejumlah 148 SKS. Kurikulum Lengkap dapat dilihat pada Daftar Kurikulum