Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (PSTK-FT UMS) didirikan berdasarkan Surat Keputusan Nomor : T-128/ DIKTI/Kep/1995 tanggal 16 Mei 1995. Program Studi Teknik Kimia memperoleh status terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia pada tahun 2000 Nomor : 033/BAN-PT/Ak-VII/S1/XI/2000; tahun 2006 Nomor : 001/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2006, tahun 2011 dengan Nomor 047/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XII/2011, dan Tahun 2017 dengan Nomer 1216/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2017.

Pendidikan yang diselenggarakan pada Program Studi Teknik Kimia FT UMS berorientasi untuk menghasilkan Sarjana Teknik Kimia yang islami dan memenangkan persaingan pasar bebas. Peningkatan penguasaan penggunaan komputer kemampuan berbahasa inggris dan mengembangkan soft skill menjadi fokus perhatian selain materi utama teknologi kimia di dalam pelaksanaan pendidikan di Program Studi  Teknik Kimia UMS.

Di bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Program Studi  Teknik Kimia FT UMS berupaya mengembangkan Teknologi Bahan Alam, Teknologi Bersih, dan Teknologi Bahan untuk memenuhi tuntutan industri lokal. Hal ini tampak dari program-program yang telah dijalankan. Program unggulan yang telah dan sedang dikembangkan adalah technical assistance bagi industri kecil di wilayah Karesidenan Surakarta dan upaya peningkatan pemurnian serta pemanfaatan kimia bahan alam. Hal ini didorong oleh melimpahnya keanekaragaman hayati yang terdapat di wilayah Jawa Tengah dan keberadaan industri kecil yang terbukti tangguh dalam masa krisis ekonomi. Selain itu beberapa produk berpaten dan berijin resmi yang bersumber dari bahan alam telah diluncurkan dengan bekerja sama dengan program studi lain dan institusi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UMS.

Untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar dan kegiatan akademis yang lain, Program Studi Teknik Kimia FT UMS dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai; meliputi: Perpustakaan Pusat UMS, Studio Teknik Kimia, laboratorium, komputer, jaringan internet, ruang kuliah yang memenuhi standar (ber-AC, LCD, white board) dan lain lain.

Mahasiswa Program Studi  Teknik Kimia FT UMS bisa menyalurkan bakat dan hobi mereka di kegiatan kegiatan di kampus yang di kelola oleh unit unit kegiatan mahasiswa yang ada, baik di tingkat Universitas, Fakultas maupun Program Studi.

Sejak tahun 2010, PSTK-FT UMS juga menyelenggarakan Program Internasional, di mana perkuliahan disampaikan dalam bahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu lulusan dan membekali lulusan menghadapi era global. Selain diikuti mahasiswa Indonesia, program Internasional ini juga diikuti mahasiswa dari luar Indonesia. Saat ini tercatat ada 2 mahasiswa Thailand dan 2 mahasiswa Palestina yang sedang menempuh perkuliahan di PSTK-FT UMS, di mana sebelumnya beberapa alumni dari Thailand dan dari Jordania telah berhasil berkarir di bidang yang berhubungan dengan program studi Teknik Kimia di negara asal dan di Indonesia. Perlu diketahui, dari 17 dosen tetap di PSTK FT UMS, 11 diantaranya pernah menempuh pendidikan S2 atau S3 di luar negeri yang menggunakan  bahasa Inggris, sehingga kemampuan pengajaran dalam bahasa Inggris sudah sangat memadai.

Kualitas pengajaran di PSTK-UMS juga dibuktikan dengan pengakuan yang diberikan oleh penyelenggara pendidikan tinggi Teknik Kimia lain. Beberapa alumni mendapat beasiswa S2 baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu alumni banyak menjadi dosen antara lain di Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Singaperbangsa, Politeknik Negeri Samarinda, Stikes Kudus, Universitas Lambung Mangkurat, Politeknik Tanah Laut (Kalimantan Timur).

Keterserapan alumni PSTK FT UMS di dunia industri juga mulai menampakkan hasil yang signifikan. Alumni Teknik Kimia terserap di banyak bidang antara lain di bidang engginering procurement construction (EPC), process engineer di pabrik kimia, laboran, manajemen, dosen, dan sebagainya. Beragam prestasi diraih oleh dosen dan mahasiswa diantaranya adalah diraihnya banyak sekali pendanaan penelitian Kementrian Ristek Dikti, program PKM, lolosnya beberapa mahasiswa dalam PIMNAS; terpilihnya beberapa dosen sebagai dosen berprestasi di Kopertis VI Jawa Tengah.